PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Artikel ilmiah IPA Sekolah Dasar

Peningkatan Keaktifan Kerja Kelompok dengan Pendekatan Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA bagi Siswa kelas IV Semester II SDN Pucanganom 1
Kecamatan Jambesanri Darus Sholah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011
Oleh: Sulinanto, S. Pd. *)


ABSTRAK
Selama ini proses pembelajaran mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Pucanganom 1 Kecamatan Jambesari Darus Sholah, menunjukkan bahwa siswa  masih kurang aktif, kurang dapat bekerja sama, kurang berani mengeluarkan pendapat dalam diskusi kelompok, dan siswa kurang mampu menguasai alat-alat percobaan. Padahal seharusnya dalam pembelajran IPA siswa harus aktif dan terlibat langsung dalam kegiatan percobaan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, kemampuan siswa dalam bertanya jawab, dan kemampuan siswa dalam menggunakan alat-alat percobaan. Sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan tersebut, dilakukan  pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses, yang pelaksanaannya meliputi tiga siklus, yaitu sikuls I, II, dan III.
Adapun hasil penelitian siklus I, di mana guru memberikan bimbingan dengan prosentase 100% pada setiap kelompok, dalam melakukan percobaan untuk membuktikan hal-hal yang berkaitan dengan benda padat, ternyata hasilnya masih kurang memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditentukan (40%). Hal ini dapat dilihat dari data    hasil pengamatan selama mengadakan kegiatan pembelajaran. Ternyata siswa masih mengalami kesulitan dalam kerja kelompok, sehingga kegiatan siklus I masih perlu dilanjutkan lagi dalam siklus II.
Hasil penelitian siklus II, di mana siswa dalam kerja kelompok hanya mendapat bimbingan guru dengan prosentase 50%, ternyata setelah mendapatkan tindakan dari guru, kemampuan siswa dalam bertanya jawab, keaktifan siswa dalam kerja kelompk, dan kemampuan siswa menggunakan alat-alat percobaan materi benda cair, mengalami peningkatan namun masih belum memenuhi  kriteria keberhasilan yang telah ditentukan (60%).  Hal ini dilihat dari hasil pengamatan terhadap keaktifan kerja siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Ternyata siswa masih mengalami kesulitan dalam melakukan kerja kelompok, sehingga pelaksanaan kegiatan siklus II masih perlu dilanjutkan lagi pada siklus III.  
Hasil Penelitian siklus III, dengan melakukan tindakan pelaksanaan percobaan materi benda gas tanpa bimbingan dari guru, ternyata dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan bertanya jawab siswa, keaktifan kerja kelompok, dan kemampuan menggunakan alat percobaan, mengalami peningkatan dan telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditentukan (>76 %), sehingga siklus III dihentikan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keaktifan kerja kelompok pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas IV semester II di SDN Pucanganom 1 Kecamatan Jambesar Darus Sholah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011.

2 komentar:

adiguna mengatakan...

Menunggu bab berikutnya mas.......

Anonim mengatakan...

lanjutannya mana mas????

Posting Komentar