PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Cash studi

Ketika saya mengajar di kelas IV Tahun pelajaran 2008/2009 mata pelajaran IPA saya menerapkan metode pembelajaran diskusi kelompok pada saat proses berlangsung saya menemukan setiap kelompok. Jika kerja kelompok tidak berhasil, siswa cenderung saling menyalahkan. Sebaliknya jika berhasil, muncul perasaan tidak adil. Siswa yang pandai/rajin merasa rekannya yang kurang mampu telah membonceng pada hasil kerja mereka. Akibatnya, metode kerja kelompok yang saya terapkan seharusnya bertujuan mulia, yakni menanamkan rasa persaudaraan dan kemampuan bekerja sama, justru bisa berakhir dengan ketidakpuasaan dan kekecewaaan. yang merasa pesimis mengenai penggunaan metode kerja kelompok, Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Kekawatiran bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam dalam penggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab. Metode pembelajaran gotong royong distruktur sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota dalam satu kelompok melaksanakan taanggung jawab pribadinya karena ada sistem akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin perbaikannya.
Maka sayas mencoba Menentukan peran siswa untuk menunjang saling ketergantungan positif. Saling ketergantungan positif dapat diciptakan melalui pembagian tugas kepada tiap anggota kelompok dan mereka bekerja untuk saling melengkapi. Dalam mata pelajara IPA misalnya, seorang anggota kelompok diberi tugas sebagai peneliti\, yang lainnya seagai penyimpul, yang lainnya lagi sebagai penulis, yang lainya lagi sebagai pemberi semangat, dan ada pula yang menjadi pengawas terjalinya kerja sama. Penugasan untuk memerankan suatu fungsi semacam itu merupakan metode yang efektif untuk melatih keterampilan menjalin kerja sama.

1. identifikasi masalah
Dari uraian diatas pengelolaan metode diskusi yg bagaimana sehingga dapat efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

2. Analisis dan rumusan masalah
Berdasarkan permasalahan diatas saya ingin melakukan penelitian tindakan kelas, yaitu Apakah pembelajaran diskusi kelompok pada siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV Pada SDN Sumber Jeruk 3

7 komentar:

Anonim mengatakan...

wah susah juga ya pak...

kurdi mengatakan...

hehehe susahnya kalo belum gajian hehe

Unknown mengatakan...

klw dh gajian muridnya ditraktir bakso, pasti kerja kelompoknya jadi semangat!hehehe

GURU DESA mengatakan...

bakso mana yang enak pasti sya traktir hehe

xbuntu mengatakan...

cakep kang....

GURU DESA mengatakan...

ah jadi malu tu template asal comot aja hehehe

Unknown mengatakan...

menurut saya itu bagus - bagus ....god teacher....god god

Posting Komentar