PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

BEST PRAKTICE KURDI



KESULITAN MENJUMLAHKAN  BILANGAN
DENGAN  GARIS BILANGAN KOK…DENGAN MAJU MUNDUR YA…!
(RUT SURUT KENTUNG)




KURDI, S.Pd.SD
Guru SDN Sumber Jeruk 3
Kecamatan Jambesari darus sholah

Di beberapa sekolah atau pendidikan menunjukkan bahwa banyak siswa Sekolah Dasar mengalami kesulitan memahami menggunakan bilangan bulat dalam penjumlahan dengan garis bilangan, dan banyak guru Sekolah Dasar menyatakan mengalami kesulitan mengajarkan bilangan bulat dan menjelasan bagaimana melakukan operasi hitung pada bilangan bulat secara kongkrit maupun secara abstrak
Ada berapa guru yang mengatakan bilangan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan garis bilangan ngapain repot-repot……….! gitu aja kok repot?

Misalnya
·         1+2=pake jari saja selesai
·         1 – (-2) = ya negatife ketemu negatif jadinya positif (gitu aja kok repot) pasti operasi penyelesaiannya adalah 1 + 2 = 3
·         Masih banyak guru dan siswa yang tidak dapat membedakan tanda – atau +            sebagai operasi hitung dengan tanda – atau + sebagai jenis suatu bilangan      Seperti misalnya 8 + (-5) sering dibaca “delapan ditambah minus lima” atau “delapan ditambah min lima”. Padahal yang benar seharusnya dibaca “delapan ditambah negatif lima” atau “delapan plus negatif lima
·         Tapi bagaimana apabila menggunakan garis bilangan………pada umumnya di buku-buku matematika menggunakan petunjuk arah panah belum menjelaskan secara logis

Apa yang terjadi dengan konsep yang sudah berakar seperti diatas jadinya kurang menarik atau inovatif sehingga yang dilakukan penjumlahan dan pengurangan yang sebenarnya menggunakan garis bilangan menjadi penjumlahan dan pengurangan biasa. Akhirnya tujuan yang ingin diharapkan menggunakan garis bilangan menjadi sia-sia alias percum tak bergun (istilah anak desa)artinya percuma dan tak berguna.

Contoh : 1 + 2 =….
                                  

Kata kunci yang saya lakukan adalah posisi badan kita sebagai model, yang saya lakukan adalah ambil kapur tuliskan garis bilangan pada lantai di depan kelas lengkap dengan bilangannya.
·         Apabila bilangan dijumlahkan berarti maju
·         apabila dikurangi adalah mundur
·         Apabila bilangan positif kita  menghadap ke positif
·         Apabila bilangan negativekita  menghadap ke negatif

Anak-anak diminta untuk ke depan mencoba menjumlahkan bilangan atau mengurangkan bilangan menggunakan praktek model maju mundur sambil memperhatikan jenis bilangan apakah positif atau negatif

0 komentar:

Posting Komentar