PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

ALTERNATIF PENGEMBANGAN PENGALAMAN BELAJAR

1. Sumber Belajar: Surat Kabar

Alternatif Pengalaman Belajar yang Dikembangkan
(Dapat dilakukan secara Individu, berpasangan, kelompok, klasikal)

1.Membaca teks untuk menuliskan ringkasan dengan bahasa dan kata-katanya sendiri (kelas 5)
2.Mengamati poster di surat kabar untuk membuat kata-kata poster (kelas 5)
3.Membaca teks berita di surat kabar untuk memberikan pendapat tentang persoalan faktual secara tertulis/lisan (kelas 4)
4.Mengamati contoh iklan di surat kabar untuk membuat iklan sederhana (kelas 6)
5.Membaca teks berita di surat kabar untuk memberikan kritikan dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun secara tertulis/lisan (kelas 6)
6.Mengamati gambar di surat kabar untuk menyusun percakapan berdasarkan gambar yang diamati (kelas 6)
7.Membaca beberapa iklan mini yang ada di surat kabar untuk menuliskan iklan tersebut kedalam beberapa kalimat secara runtut (6)
8.Membaca berita yang ada di surat kabar untuk menentukan kata umum dan kata khusus, memaknai, dan membuat kalimat (kelas 6)


2. Sumber Belajar : Media Elektronik (TV, radio, telepon, dll)

Alternatif pengalaman belajar yang dikembangkan
(Dapat dilakukan secara Individu, berpasangan, kelompok, klasikal)

1.Menonton film karton untuk menceritakan kembalii (kelas 3)
2.Mendengarkan cerita di televisi untuk bermain peran (kelas 3)
3.Mendengarkan pengumuman di TV untuk menyimpulkan isi (kelas 4)
4.Menyimak sinetron di TV untuk menulis surat kepada tokoh idolanya (kelas 6)
5.Menyimak sinetron di TV untuk memberikan tanggapan/kritikan (kelas 4)
6.Mendengarkan pesan lewat telepon untuk menyimpulkan dan menyampaikan isi pesan.
7.mengamati beberapa tayangan televisi untuk mendeskripsikannya.


3. Sumber Belajar : Sungai (Lingkungan)

Alternatif pengalaman belajar yang dikembangkan
(Kegiatan dapat dilakukan secara Individu, berpasangan, kelompok, klasikal)


1.Mengamati sungai untuk menceritakan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan sungai secara tertulis/lisan (kelas 3)
2.Mendengarkan cerita dari narasusmber tentang sungai untuk menceritakan peristiwa di sungai yang pernah didengar/dibaca (3)
3.Mendengarkan informasi dari narasumber untuk membuat denah/sketsa, tentang suatu tempat yang berhubungan dengan sungai (4)
4.Mengamati gambar sungai untuk mengidentifikasikan masalah-masalah aktual yang terjadi yang berhubungan dengan sungai; serta memberi tanggapan yang disertai dengan alasan logis terhadap masalah-masalah tersebut (4)
5.Mengamati gambar sungai untuk membuat pertanyaan-pertanyaan (bagaimana, berapa, mengapa, kapan) yang berhubungan dengan sungai (5)
6.Mengamati gambar sungai untuk membuat cerita narasi dengan seting sungai (5)
7.Mendengarkan cerita banjir untuk menulis pokok-pokok/tanggapan, kritikan yang akan disampaikan sesuai dengan permasalahan dengan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain disertai alasan yang logis (6)
8.Mendengarkan cerita banjir untuk membuat kalimat harapan (semoga, mudah-mudahan) dan kalimat pengandaian yang tepat sesuai dengan keadaan yang diharapkan terhadap sungai (6)


4. Sumber Belajar : Sangkar (Lingkungan)

Alternatif pengalaman belajar yang dikembangkan
(Dapat dilakukan secara Individu, berpasangan, kelompok, klasikal)

1.Mengamati sangkar hewan dan isinya untuk membuat surat kepada petugas pelestarian alam; (KD Kebahasaan ditekankan pada penulisan nama, gelar, akronim,)
2.Mengamati perilaku hewan dalam sangkar untuk dideskripsikan
(KD Kebahasaan ditekankan pada penggunakan kalimat aktif, pasif, kata umum, kata khusus)
3.Mengamati sangkar untuk membuat teks eksposisi tentang sangkar
(KD Kebahasaan ditekankan pada penggunaan kalimat berita)
4.Mengamati sangkar untuk membuat iklan
( KD Kebahasan ditekankan pada pilihan kata/konotasi)



5. Sumber Belajar : Perkemahan

Alternatif pengalaman belajar yang dikembangkan
(Dapat dilakukan secara Individu, berpasangan, kelompok, klasikal)


1.Mengamati perkemahan untuk menyusun laporan dan rencana perkemahan
(KD Kebahasaan ditekankan pada penggunaan kalimat tanya
2.Mengamati perkemahan untuk bermain peran
(KD kebahasaan ditekankan pada penggunaan tanda baca seru, petik, koma, titik)
3.Mengamati perkemahan untuk membuat bahasa petunjuk (cara mendirikan tanda tali temali)
(KD kebahasaan ditekankan pada penggunaan kalimat perintah)
4.Mengamati perkemahan untuk membuat teks deskripsi
(KD kebahasaan menerapkan tanda baca untuk menulis karangan sederhana)

0 komentar:

Posting Komentar