PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Ciri-ciri Metode Tanya Jawab

Metode tanya jawab merupakan cara menyajikan bahan ajar dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan jawaban untuk mencapai tujuan yang diha-rapkan (E. Mulyasa, 2005: 115). Pertanyaan-pertanyaan dapat muncul dari guru maupun dari siswa. Sedangkan jawaban juga dapat yang berasal dari guru maupun dari siswa. Masing-masing saling mengisi, baik memberikan pertanyaan maupun jawaban. Penggunaan metode tanya jawab secara tepat dapat mendorong aktivitas dan kreativitas berfikir peserta didik.
Dalam penggunaan metode tanya jawab, pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada anak didik harus sudah dipersiapkan sedemikian rupa, agar kegiatan belajar mengajar tidak menyimpang dari materi pelajaran yang sedang dibahas. Soetomo (1993: 151) menjelaskan langkah-langkah yang perlu disiapkan oleh guru dalam pemberian pertanyaan adalah:
a.Merumuskan tujuan secara jelas.
b.Mengemukakan alasan tentang penggunaan metode tanya jawab.
c.Menetapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan.
d.Membuat garis besar jawaban dari setiap pertanyaan.
e.Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Metode tanya jawab akan dapat berhasil dengan baik apabila dilaksa-nakan pada situasi yang tepat dalam proses belajar mengajar. Soetomo (1993: 151 – 152) menjelaskan bahwa metode tanya jawab tepat digunakan apabila :
a.Guru hendak meletakkan hubungan antara pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang baru.
b.Guru hendak memberikan kesempatan kepada anak didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
c.Guru melihat keadaan siswa di kelas semakin kurang tertarik terhadap materi yang disampaikan.
d.Guru hendak mendorong aktivitas dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
e.Guru hendak mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi yang telah disampaikan.
Sebagaimana metode mengajar yang lain, metode tanya jawab tidak selalu baik untuk diterapkan dalam segala situasi. Untuk itu guru diharapkan benar-benar dapat mengambil keputusan secara tepat kapan metode tanya jawab digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan metode tanya jawab tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Soetomo (1993: 153) menjelaskan tentang kelebihan dan kelemahan metode tanya jawab sebagai berikut:
Kelebihan metode tanya jawab:
a.Suasana belajar lebih aktif.
b.Peserta didik memperoleh kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
c.Guru dapat mengetahui tingkat penguasaan peserta didik secara langsung.
d.Dapat melatih peserta didik untuk mengemukakan pendapat secara lisan.
Kelemahan metode tanya jawab antara lain :
a.Pertanyaan yang disampaikan cenderung meminta jawaban yang bersifat hafalan.
b. Penggunaan secara terus menerus lebih mudah menyimpang dari materi yang sedang dipelajari.
c.Guru sulit mengetahui secara pasti tentang peserta didik yang tidak mengajukan pertanyaan, apakah sudah menguasai atau belum.
Berdasarkan uraian tentang kelebihan dan kelemahan tersebut maka setiap guru yang menggunakan metode tanya jawab harus mampu memaksimalkan kelebihan dan meminimalisasikan kekurangan, sehingga penggunaan metode tanya jawab dapat berhasil sesuai dengan tujuan yang harapkan.

0 komentar:

Posting Komentar