ABSTRAK
Kurdi 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Garis Bilangan Dengan Menggunakan Model Permainan Maju Mundur Kelas IV Sekolah Dasar Sumber Jeruk 03 Tahun ajaran 2010/2011
Salah satu hal yang dipelajari dalam matematika adalah bilangan bulat. Kalau kita perhatikan buku-buku yang ada di sekolah dasar atau yang beredar di kalangan sekolah dasar (sebagian besar), sebenarnya cukup banyak penyampaian topik bilangan bulat yang ilustrasi dan penyampaiannya kurang tepat, dan juga tidak sesuai atau tidak memperhatikan taraf berpikir anak. Padahal dalam usia sekolah dasar proses abstraksi siswa masih perlu dibantu dengan media lain.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: Apakah permainan maju mundur dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika pada garis bilangan
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas Kelas IV Sekolah Dasar Sumber Jeruk 03 Tahun ajaran 2010/2011
Data yang diperoleh dari lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (86,36%).
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model permainan maju mundur berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Sumber Jeruk 03 Tahun ajaran 2010/2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar