PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ATAU HUBUNGI kurdi78@gmail.com

Rabu, 22 Desember 2010

PETUNJUK PRAKTIS CARA ORANG TUA MELATIH ANAK PRA MEMBACA, PRA MENULIS DAN PRA MENGHITUNG


I. BAGAIMANA CARA UNTUK MELENTURKAN  TANGAN DALAM PRA MENULIS
1.       Membuat garis tegak dari atas ke bawah.
Contoh: l l l l l l l l
2.     Membuat garis lengkung dimulai dari kiri ke kanan.
Contoh: CCCCCCCC/ OOOOOO
3.     Membuat garis datar dari kiri ke kanan.
Contoh:____  ____  ____  ____
4.     Membuat garis lengkung dengan bentuk panjang.
Contoh:
5.     Membuat garis miring dari bawah ke atas dimulai dari kiri ke kanan.
Contoh: / / / / / / /
6.     Membentuk dua garis miring yang berlawanan arah dimulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
Contoh:
7.     Membuat garis tegak bersambung dengan garis datar dalam bentuk panjang.
Contoh:
8.     Membuat garis lengkung dengan dari arah bawah ke atas dengan bentuk spiral tepi panjang.
Contoh:
9.     Membuat garis lengkung bentuknya bolak-balik.
Contoh:
10.  Membuat garis yang bentuknya huruf e tapi dengan bentuk panjang.
Contoh:

II.  MENULIS HURUF VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN BUKU BERGARIS DIMULAI DARI GARIS KECIL (HURUF LEPAS)

            ________________     Huruf a:  - garis datar
          a   I   u   e  o                       - garis tegak                          
          _____________                  - garis lengkung        
                                      Huruf i: - membuat garis tegak diberi titik di  atasnya
                                      Huruf u: membuat garis tegak, datar, garis                                                                          tegak
                                      Huruf e: membuat garis miring dan lengkung.
                                      Huruf o; membuat garis lengkung utuh.

III. Menulis tegak bersambung.         
            ______________________                            1. Garis miring
          __________________                      2. Garis lengkung ke bawah
          __________________                      3. Garis tegak
          __________________                      4. Garis miring

          __________________                      1. Garis miring
          __________________                      2. Garis tegak
          __________________                      3. Garis miring
          __________________
          __________________                      1. Garis miring
          __________________                      2. Garis tegak
          __________________                      3. Garis datar
          __________________                      4. Garis tegak
                                                                   5. Garis miring

          _________________                        1. Garis miring
          _________________                       2. Garis datar
          _________________                        3. Garis tegak
          _________________                        4. Garis miring

          _________________                        1. Garis miring
          _________________                        2. Garis lengkung utuh
          _________________                        3. Garis miring
          _________________

IV SALAH SATU CONTOH PEMBELAJARAN PRA MEMBACA.
1.       Membaca benda di sekitarnya
2.     Membaca gambar tanpa tulisan.
3.     Membaca gambar, benda disertai label.
4.     Membaca kata tanpa gambar(agar anak mengenal huruf dalam kata).
5.     Melengkapi huruf dalam satu kata/label sesuai gambar.
Contoh:              ……unga
6.     Melengkapi suku kata dalam label sesuai gambar.
Contoh:             ……tol
7.     Melengkapi kata menjadi kalimat pendek.
Contoh:   bapak……….
               Ibu…………..

V. SALAH SATU LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS
          1. Membaca huruf vocal a i u e o (huruf hidup).
          2. Membaca, menulis, dekte suku kata contoh: ba, bi, bu, be, bo, s/d
    za,zi,zu,ze,zo untuk berulang-ulang.
3.     Membaca kata/label contoh : buku, meja, kakak, mata dst.
4.     Membaca kalimat sederhana.
Contoh: ini mama
             ini nasi
5.     Anak mengamati gambar dan menulis cerita.
6.     Anak membaca cerita yang ditulisnya.
7.     Anak menulis cerita berdasarkan pengalamannya.
8.     Konsonan rangkap.
Contoh: nya, nyi ,nyu, nye, nyo
                           kata:  nyamuk
9.     Konsonan rangkap tengah.
Contoh: tunggu, ganggu.
10.  Konsonan rangkap belakang.
Contoh: tang, ting, tung, teng, tong.
11.   Vokal rangkap/
Contoh: santai, ambau dst.
Cara skenarionya berubah-ubah dan menggunakan multi metode dengan cara yang tidak manoton.

SALAH SATU CONTOH PEMBELAJARAN MENGHITUNG :

1         Menghitung banyaknya benda tanpa mengenal lambang bilangan contoh 00 ini berapa?
2       Menhitung banyaknya benda disertai lambang bilangan contoh=                         =3
3       Membandingkan banyaknya dari beberapa kumpulan.
     Contoh:     
                         
4       Mengurutkan benda berdasarkan banyaknya contoh dari gambar no 1,2,3

5       Menulis lambang bilangan sesuai dengan urutan cara menulis permulaan.

CONTOH
__________         garis miring pendek
__________         garis tegak di mulai dari atas
__________         garis lengkung,garis datar
__________

__________         garis datar,garis miring, dan garis lengkung
__________ 

__________         garis miring,garis datar,garis tegak dari atas
__________         ke bawah

__________         garis tegak,garis lengkung,garis datar diatas
__________

__________         garis miring,garis lengkung penuh
__________

__________         garis datar, garis miring
__________

___________       garis lengkung,bolak-balik
___________

___________       garis lengkung,garis tegak,garis lengkung                      
___________       bawah

___________       garis tegak,garis lengkung utuh
___________




TIPS-TIPS:
·         Teknik- teknik yang dipaparkan tidak perlu diajarkan secara berturut disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat
·         Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui penyajian agar lebih menarik
·         Penanaman konsep penjumlahan dan pengurangan perlu diperagakan orang yang membantu,dan anak kemudian menirunya.(Anak diberi kesempatan untuk  menemukan sendiri)

0 komentar:

Poskan Komentar