I. BAGAIMANA CARA UNTUK MELENTURKAN TANGAN DALAM PRA MENULIS
1. Membuat garis tegak dari atas ke bawah.
Contoh: l l l l l l l l
2. Membuat garis lengkung dimulai dari kiri ke kanan.
Contoh: CCCCCCCC/ OOOOOO
3. Membuat garis datar dari kiri ke kanan.
Contoh:____ ____ ____ ____
4. Membuat garis lengkung dengan bentuk panjang.
Contoh:
5. Membuat garis miring dari bawah ke atas dimulai dari kiri ke kanan.
Contoh: / / / / / / /
6. Membentuk dua garis miring yang berlawanan arah dimulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
Contoh:
7. Membuat garis tegak bersambung dengan garis datar dalam bentuk panjang.
Contoh:
8. Membuat garis lengkung dengan dari arah bawah ke atas dengan bentuk spiral tepi panjang.
Contoh:
9. Membuat garis lengkung bentuknya bolak-balik.
Contoh:
10. Membuat garis yang bentuknya huruf e tapi dengan bentuk panjang.
Contoh:
II. MENULIS HURUF VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN BUKU BERGARIS DIMULAI DARI GARIS KECIL (HURUF LEPAS)
________________ Huruf a: - garis datar
a I u e o - garis tegak
_____________ - garis lengkung
Huruf i: - membuat garis tegak diberi titik di atasnya
Huruf u: membuat garis tegak, datar, garis tegak
Huruf e: membuat garis miring dan lengkung.
Huruf o; membuat garis lengkung utuh.
III. Menulis tegak bersambung.
______________________ 1. Garis miring
__________________ 2. Garis lengkung ke bawah
__________________ 3. Garis tegak
__________________ 4. Garis miring
__________________ 1. Garis miring
__________________ 2. Garis tegak
__________________ 3. Garis miring
__________________
__________________ 1. Garis miring
__________________ 2. Garis tegak
__________________ 3. Garis datar
__________________ 4. Garis tegak
5. Garis miring
_________________ 1. Garis miring
_________________ 2. Garis datar
_________________ 3. Garis tegak
_________________ 4. Garis miring
_________________ 1. Garis miring
_________________ 2. Garis lengkung utuh
_________________ 3. Garis miring
_________________
IV SALAH SATU CONTOH PEMBELAJARAN PRA MEMBACA.
1. Membaca benda di sekitarnya
2. Membaca gambar tanpa tulisan.
3. Membaca gambar, benda disertai label.
4. Membaca kata tanpa gambar(agar anak mengenal huruf dalam kata).
5. Melengkapi huruf dalam satu kata/label sesuai gambar.
Contoh: ……unga
6. Melengkapi suku kata dalam label sesuai gambar.
Contoh: ……tol
7. Melengkapi kata menjadi kalimat pendek.
Contoh: bapak……….
Ibu…………..
V. SALAH SATU LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS
1. Membaca huruf vocal a i u e o (huruf hidup).
2. Membaca, menulis, dekte suku kata contoh: ba, bi, bu, be, bo, s/d
za,zi,zu,ze,zo untuk berulang-ulang.
3. Membaca kata/label contoh : buku, meja, kakak, mata dst.
4. Membaca kalimat sederhana.
Contoh: ini mama
ini nasi
5. Anak mengamati gambar dan menulis cerita.
6. Anak membaca cerita yang ditulisnya.
7. Anak menulis cerita berdasarkan pengalamannya.
8. Konsonan rangkap.
Contoh: nya, nyi ,nyu, nye, nyo
kata: nyamuk
9. Konsonan rangkap tengah.
Contoh: tunggu, ganggu.
10. Konsonan rangkap belakang.
Contoh: tang, ting, tung, teng, tong.
11. Vokal rangkap/
Contoh: santai, ambau dst.
Cara skenarionya berubah-ubah dan menggunakan multi metode dengan cara yang tidak manoton.
SALAH SATU CONTOH PEMBELAJARAN MENGHITUNG :
1 Menghitung banyaknya benda tanpa mengenal lambang bilangan contoh 00 ini berapa?
2 Menhitung banyaknya benda disertai lambang bilangan contoh= =3
3 Membandingkan banyaknya dari beberapa kumpulan.
Contoh:
4 Mengurutkan benda berdasarkan banyaknya contoh dari gambar no 1,2,3
5 Menulis lambang bilangan sesuai dengan urutan cara menulis permulaan.
CONTOH
__________ garis miring pendek
__________ garis tegak di mulai dari atas
__________ garis lengkung,garis datar
__________
__________ garis datar,garis miring, dan garis lengkung
__________
__________ garis miring,garis datar,garis tegak dari atas
__________ ke bawah
__________ garis tegak,garis lengkung,garis datar diatas
__________
__________ garis miring,garis lengkung penuh
__________
__________ garis datar, garis miring
__________
___________ garis lengkung,bolak-balik
___________
___________ garis lengkung,garis tegak,garis lengkung
___________ bawah
___________ garis tegak,garis lengkung utuh
___________
TIPS-TIPS:
· Teknik- teknik yang dipaparkan tidak perlu diajarkan secara berturut disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat
· Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui penyajian agar lebih menarik
· Penanaman konsep penjumlahan dan pengurangan perlu diperagakan orang yang membantu,dan anak kemudian menirunya.(Anak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri)
0 komentar:
Posting Komentar