PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

KREASI KEGIATAN KELAS AWAL


IPS             Hasil Belajar : Membiasakan kerapian dan kebersihan rumah
IPA            Hasil Belajar : membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat
                                        : Menerapkan cara memelihara lingkungan           disekitar sekolah/rumah 

Guru melakukan kegiatan ini karena menginginkan bahwa pembelajaran PAKEM tidak hanya dilakukan didalam kelas, lagipuladengan bermainpun kita bisa belajar. Maka guru menoba mencari ide permainan apa yang dapat dilakukan oleh guru agar anak dapat berkonsentrasi pada materi yang
disajikan sambil bermain. Sambil melihat kegiatan olahraga, akhirnya guru mendapatkan ide bermain tangkap bola yang dapat juga diintegrasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Akhirnya guru mencoba permainan tangkap bola yang dintegrasikan pada kegiatan olahraga.
Setelah permainan di lakukan kelihatan anak-anak gembira dan guru dapat melihat langsung kemampuan anak.
Bermain tangkap bola ini, selain digunakan di pelajaran Bahasa Indonesia dapat juga diterapkan pada pelajaran lain.
Selamat mencoba......

Bermain Tangkap Bola
Kompetensi dasar : mengenal nama, warna, dan      fungsi anggota tubuh dan benda-benda disekitarnya
Hasil Belajar           : Menyebutkan dengan menunjukkan yang disebut dengan benar
Langkah Kegiatan :
  • Anak diajak keluar kelas dan membentuk lingkaran
  • Guru melempar bola dan bola dilemparkan secara acak ke siswa
  • Bagi anak yang menerima bola diharuskan menyebutkan
  • Menyebut nama binatang dan ciri-cirinya
·         Misal : anak menyebutkan “Kucing” kemudian            diteruskan “berkaki empat” dilanjutkan lagi                               “suka makan daging” dan seterusnya
  • Bola dilemparkan kembali kepada anak yang lain
  • Penerima bola menirukan kalimat yang diucapkan oleh penerima bola sebelumnya
  • Dilakukan berulang-ulang
  • Kegiatan ini berakhir jika bola dilemparkan kembali kepada guru
Apa yang diperoleh anak dari kegiatan ini?
  • Memusatkan perhatian anak
  • Menambah kosakata
  • Anak dapat belajar merangkai kalimat
  • Guru mengetahui  kemampuan anak secara langsung

Pengembangan
  • Guru memilih slogan/poster terbaik untuk di tampilkan dipapan pengumuman
  • Dari laporan siswa guru dapat menindaklanjuti kampanye kesehatan

Membaca Gambar
Kegiatan ini bermula ketika orangtua selalu mengeluh karena tugas yang diberikan guru tidak dituliskan dibuku penghubung padahal guru sangat menginginkan keterlaibatan orangtua dalam pendidikan putra putrinya.
Selain itu juga ingin mengetahui apapakh anak dapatmengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada orangtua.
Terdorong oleh alasan tersebut diatas maka guru mencoba melakukan kegiatan ini. Setelah ha;l itu terjadi dan dulang beberapa kali akhirnya orangtua menyadari sampai dimana kemampuan anaknya serta perlunya orangtuaterlibat pada kegiatan belajar anak di sekolah.
Sejak  itu orangtua lebih pro aktif di sekolah untuk mengetahui sampai dimana perkembangan putra putrinya.

Kompetensi Dasar        : Menjelaskan isi gambar
Hasil Belajar                    : menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sesuai dengan penafsiran siswa

§         Anak membawa gambar dari rumah
§         Merangkaikan gambar (sesuai topik yang telah ditentukan)
  • Menceritakan hasil rangkaian gambar
§         Mengambil hasil rangkaian gambar terbaik.
§         Guru menceritakan hasil rangkaian gambar yang terbaik
  • Anak disuruh menceritakan kepada orangtua
  • Orangtua menuliskan cerita anak dan diserahkan kepada guru
Langkah Kegiatan :
Apa yang diperoleh anak dari kegiatan ini?
  • Anak dapat merangkai gambar secara runtut
  • Anak dapat menceritakan/ menyampaiakan kepada orang lain

Pengembangan
  • Hasil rangkaian teman diceritakan kepada teman lain
  • Menuliskan hasil rangkaian gambar




Pentas Idolaku

Kompetensi Dasar : melakukan percakapan

Sumber :
§        Siswa
Bahan :
§         Mainan yang disenangi

Langkah Kegiatan :
§         membuat poster tentang pementasan diluar kelas (waktu, tempat, judul pentas dll)
§         guru membagi peran siswa siapa yang; penjual karcis, membeli karcis, pembawa acara yang menonton dengan urut absen
§         disaat yang sudah ditentukan 10 orang siswa diminta secara bergantian untuk maju kepanggung menceritakan mainan yang dibawanya dari rumah
§         teman-teman dari kelas lain menyaksikan acara ini

Apa yang diperoleh anak dari kegiatan ini?
  • Melatih anak untuk menghormati orang lain
  • Anak berani mengungkapkan pendapat dengan kata-katanya sendiri
  • Melatih Kepercayaan diri


 












Binatang-binatang Hutan
Kompetensi Dasar : Mendengarkan Dongeng

Bahan dan alat :
  • Buku besar : “Lingkungan Hutan”
  • Syair lagu gajah-gajah
  • Beberapa tokoh wayang
  • kertas

Langkah Kegiatan :
  • menyanyi lagu : “gajah”
  • Guru bercerita tentang isi buku besar lewat tokoh wayang. Suara gareng dibawakan guru dan suara semar oleh siswa.
  • Siswa berdiskusi tentang binatang hutan yang ada di buku besar (nama, makanan, ciri-ciri, watak dll)
  • Setiap siswa menceritakan lewat tulisan tentang binatang yang telah didiskusikan
Apa yang diperoleh anak dari kegiatan ini?
  • Ketrampilan berdialog
  • Mengembangkan imajinasi

Pengembangan
  • Siswa menulis percakapan binatang tentang pelestarian hidupnya

 Lagu tentang binatang : contoh Gajah-gajah



Bercakap-Cakap

Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan bahwa mahluk hidup dapat ditemui diberbagai tempat : air, darat dan udara

Alat dan sumber :
  • wayang dengan tokoh binatang
  • syair lagu “Burungku”, “kidang Talun” dan lain-lain
  • Kertas

Langkah Kegiatan :
§         Menyanyikan bersama lagu “Burungku”
§         Dengan menggunakan wayang berbentuk binatang yang dimilikinya, dalam kelompok kecil (3 orang) setiap siswa memerankan tokoh wayang yang dipegangnya.
§         Setiap kelompok membicarakan nasib mereka apabila hutan tempat hidupnya dirusak
§         Setiap anak menuliskan nasib tokoh yang diperankannya (misal : kelinci tidak punya rumput untuk dimakan dll)


Apa yang diperoleh anak dari kegiatan ini?
  • Ketrampilan berdialog
  • Mengembangkan imajinasi

0 komentar:

Posting Komentar