PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Pengertian Bahan Ajar

Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).

Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan / suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar

bentuknya :
-Bahan cetak seperti; hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, -wallchart,
-Audio Visual seperti; video/film,VCD
-Audio seperti; radio, kaset, CD audio, PH
-Visual: foto, gambar, model / maket.
-Multi Media; CD interaktif, computer Based, Internet

Cakupan bahan ajar
-Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
-Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
-Tujuan yang akan dicapai
-Informasi pendukung
-Latihan-latihan
-Petunjuk kerja
-Penilaian

1 komentar:

sulinanto mengatakan...

pembelajaran dengan metode diskusi perlu penanganan yang ekstra karena menyangkut hubungan sosial diantara siswa yang pastinya mempunyai multi sifat. pengamatan dan tuntunan selama pelaksanan diskusi perlu di jaga oleh guru, agar pelaksanaan diskusi murid bener-bener efisien. kenapa? untuk anak seusia sekolah dasar kecenderungan untk bermain sangat tinggi sehuingga kalo ditinggal sesaat saja murid-murid bisa pindah ke topik bahasan lain. itu yang menurut saya perlu diperhatikan.. disamping masala-masalah lain.

Posting Komentar