PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Transisi Peralihan Pendidikan

Pra Sekolah Dasar banyak yang perlu difikirkan dan dicermati, ketika siswa baru mengapa ? karena murid baru pada siswa kelas 1 Sekolah dasar merupakan jenjang kelas transisi atau peralihan dari jenjang pendidikan prasekolah/PAUD kepada jenjang pendidikan sekolah/akademik yang menuntut peserta didiknya memiliki performance Kesiapan Belajar yang baik. Namun seringkali Kesiapan Belajar ini menjadi kendala yang berarti manakala jenjang pendidikan sebelumnya (prasekolah/PAUD) belum mampu memapankan performance Kesiapan Belajar peserta didiknya yang telah menamatkan program belajarnya. Selain itu Kesiapan Belajar menjadi masalah manakala kemampuan adaptasi belajar anak cukup rendah. Dan akhirnya terbawa menjadi masalah sehari-hari dalam kegiatan belajar di sekolah. Kemampuan berhitung dasar merupakan salah satu komponen kesiapan belajar yang amat penting, selain itu berhitung dasar dalam mata pelajaran matematika juga menjadi materi yang strategis untuk menyiapkan kemampuan awal akademik anak. Hanya saja permasalahan yang ada di lapangan adalah jumlah anak yang belum memiliki keterampilan berhitung dasar masih cukup tinggi.

sesuatu ang perlu digambarkan strategi yang dilakaukan guru ketika siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah Membuka percakapan sederhana tentang sesuatu yang sempat teramati oleh siswa, mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang yang ada di lingkungan sekitar, memberikan pula contoh langsung oleh guru dengan benda/sesuatu yang telah disiapkan dan meminta siswa melakukan hal yang sama. Dan Terakhir adalah memberi penguatan ketika mereka memberi respons terhadap apa yang kita contohkan.

dan guru terkadang mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung dan terakhir siswa diminta mengekspresikan kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal

0 komentar:

Posting Komentar