PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Imajinasi Siswa Dengan Model Permainan Segitiga




Membuka Imajinasi Siswa dengan Segitiga Kreatif
Memberikan kontribusi terhadap imajinasi siswa untuk tumbuh dan tumbuh merupakan ciri khas orang yang berkemampuan berpikir kreatif. Jika orang tersebut berhasil dalam membuka imajinasi anak dan imajinasi tersebut merupakan imajinasi yang aktif dan kreatif, maka kelak anak tersebut akan tumbuh menjadi seorang penemu kewirausahaan atau lebih dikenal entrepreneur. Mereka akan memiliki kemampuan berpikir yang kreatif untuk memecahkan berbagai masalah.

Imajinasi dalam kehidupan anak sama pentingnya dengan membaca beberapa mata pelajaran seperti matematika atau ilmu pengetahuan lainnya, karena dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan, yang pada akhirnya akan membantu dia mencapai keberhasilan dalam kehidupannya ketika dia mencapai usia dewasa.

Untuk dapat membuka imajinasi anak melalui segitiga kreatif, digunakan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Membuka Imajinasi Siswa dengan Permainan Gambar Bidang Segitiga
Kegiatan membuka imajinasi siswa dengan permainan gambar pada bidang segitiga merupakan pengembangan kegiatan pembelajaran Seni Budaya yang dapat dilaksanakan pada kelas ,VIII dan IX semester I dan II dengan rincian berikut ini.

a. Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
b. Kompetensi Dasar : 2.3 Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis.
2.1 Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
Model pelaksanaan kegiatan pengembangan imajinasi siswa dilaksanakan sebagai berikut :
1) Alokasi waktu 2 jam pelajaran (2 x 40 menit)
2) Anak disuruh menyiapkan kertas gambar
3) Setelah diberi penjelasan guru, Anak bermain membuat gambar segitiga sama kaki dengan berbagai bentuk sejumlah minimal 25 dalam waktu 40 menit

4) Setelah waktu yang telah ditentukan selesai semua gambar di pajang di depan dan diapresiasi sehingga anak tahu berbagai vareasi bentuk segitiga.


Hasil yang didapat dari permainan ini adalah :
a.Anak akan terbiasa menguras semua idea atau terbiasa mengeploirasi gagasan yang ada diotaknya semaksimal mungkin
b.Anak akan tahu setelah mengeplorasi bentuk segitiga pasti ada satu diantara bentuk itu yang terbaik (desain)
Membuka Imajinasi Siswa melalui Permainan dengan Meghias Bidang Segitiga
Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, namun tingkat kesukaran mulai dinaikan. Adapun langkah-langkah kegiatan pembelajaranya adalah sebagai berikut
a. Waktu 2 jam pelajaran
b. Setelah diberi penjelasan guru, siswa membuat segitiga hias ,.namun pada kegiatan ini penekanya pada hiasanya
c. Dalam permainan ini anak diberi waktu 40 menit untuk mengekplorasi berbagai macam hiasan

Hasil yang didapat dari permainan ini adalah:
a. Anak akan terbiasa menguras semua ide atau terbiasa mengekploirasi gagasan yang ada diotaknya semaksimal mungkin
b. Anak akan tahu setelah mengeplorasi bentuk segitiga ikan pasti ada satu diantara bentuk itu yang terbaik (desain)
Aspek penilaian dalam permainan segitiga kreatif tahap II



Membuka Imajinasi Siswa dengan Permainan Merangkai Bidang Segitiga Ikan Menjadi Kesatuan yang Mengkombinasikan Unsur-unsur Seni
Dalam kegiatan ini sudah mulai menggabungkan berbagai unsur seni yang berhubungan dengan estetika dan sudah berbentuk karya seni
Adapun kegiatannya adalah sebagai berikut
a. Waktu 2 jam pelajaran (2 x 40 menit)
b. Alat yang dipersiapkan siswa meliputi kertas gambar ukuran A4, pensil, balpoint dan spidol warna/pencil warna/crayon/cat air.
c. Setelah diberi penjelasan guru,siswa membuat susunan segitiga ikan menjadi karya yang mempertimbangkan unsur unsur seni yang meliputi: komposisi, warna, gelap terang, dan tekstur.

Hasil yang didapat dari permainan ini adalah :
a. Anak akan terbiasa dengan menggabungkan hal hal yang sederhana akan menjadi karya yang bagus
b. Anak juga dapat merasakan bentuk estetika baru dalam perkembangan dunia seni rupa modern
Aspek penilaian dalam permainan segitiga kreatif tahap III

No Aspek yang dinilai skor Keterangan
1 Komposisi warna 1 2 3 4 5
2 Ragam hiasan yang digunakan 1 2 3 4 5
3 Keunikan 1 2 3 4 5
Jumlah

4. Membuka imajinasi anak dengan mengembangkan bentuk yang sudah.Dalam permainan ini sebetulnya anak dapat ditugaskan mengembangkan berbagai bentuk binatang untuk dibuat gambar deformasi. Namun biar anak tidak bingung memilih,maka ditentukan menggambar deformasi ikan lumba lumba.
Adapun kegiatanya sebagai berikut
a) Waktu 4 jam pelajaran
b) Alat yang dipersiapkan siswa meliputi kertas gambar ukuran A4,pensil,bolpoint dan spidol warna/pencil warna/crayon/cat air.
c) Setelah diberi penjelasan guru,siswa menggambar ikan lumba-lumba sebanyak

Membuka Imajinasi Siswa dengan Permainan Merangkai Bidang Segitiga Ikan Menjadi Kesatuan yang Mengkombinasikan Unsur-unsur Seni
Dalam kegiatan ini sudah mulai menggabungkan berbagai unsur seni yang berhubungan dengan estetika dan sudah berbentuk karya seni
Adapun kegiatannya adalah sebagai berikut
a. Waktu 2 jam pelajaran (2 x 40 menit)
b. Alat yang dipersiapkan siswa meliputi kertas gambar ukuran A4, pensil, balpoint dan spidol warna/pencil warna/crayon/cat air.
c. Setelah diberi penjelasan guru,siswa membuat susunan segitiga ikan menjadi karya yang mempertimbangkan unsur unsur seni yang meliputi: komposisi, warna, gelap terang, dan tekstur.

Hasil yang didapat dari permainan ini adalah :
a. Anak akan terbiasa dengan menggabungkan hal hal yang sederhana akan menjadi karya yang bagus
b. Anak juga dapat merasakan bentuk estetika baru dalam perkembangan dunia seni rupa modern
Aspek penilaian dalam permainan segitiga kreatif tahap III

No Aspek yang dinilai skor Keterangan
1 Komposisi warna 1 2 3 4 5
2 Ragam hiasan yang digunakan 1 2 3 4 5
3 Keunikan 1 2 3 4 5
Jumlah




Sumber www.dikbangkes-jatim.com

0 komentar:

Posting Komentar