PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

cara pembelajaran speaking

Sering kali waktu menjadi kendala dalam mengajarkan speaking kepada siswa. Oleh karena itu timbul pertanyaan dalam diri saya. Bagaimana cara pengaturan waktunya? Coba kita analisa pembelajaran “speaking” yang sering dilakukan oleh para guru
Pada umumnya mereka meminta kepada siswa untuk berdialog yang sifatnya hafalan di depan kelas. Biasanya setiap pasangan atau kelompok secara bergantian maju ke depan kelas.

Andai saja waktu untuk maju ke depan kelas dan kembali ke tempat duduk untuk setiap pasang membutuhkan waktu 60 detik (1 menit), dan dalam kelas terdapat 20 pasang siswa berarti membutuhkan waktu 20 menit hanya untuk perjalanan ke depan kelas atau kembali ke tempat duduk. Waktu terbuang sia-sia saja!
Kita harus berusaha untuk mengatur waktu sedemikian rupa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berikut ini salah satu cara yang saya lakukan untuk mengefektifkan waktu, yaitu :
1.Kelas dibagi dalam 4 kelompok besar (8 – 10 siswa tiap kelompok).
2.Setiap anggota kelompok di minta maju ke depan kelas secara bersama-sama. Berarti waktu yang digunakan untuk maju kedepan kelas dan kembali ke tempat duduk adalah 1 menit kali 4 (4 menit). Katakanlah toleransi waktu 2 menit untuk pengaturan kerja kelompok. Berarti butuh waktu 6 menit. Sehingga kita bisa mengefektifkan waktu 14 menit yang hanya digunakan untuk maju ke depan atau kembali ke tempat duduk
Cara kerja kelompok :
1. Setiap kelompok besar maju ke depan kelas.
2. Siswa berbaris dan saling berhadapan.
3. Giliran pertama siswa berdialog dengan pasangannya di depannya.
4. Siswa bergeser sesuai dengan anak panah. Siswa satu bergeserke dua, siswa dua bergeser ke tiga dan seterusnya. Siswa sepuluh bergeser ke satu.
5. Setiap berhadapan dengan pasangan yang baru siswa berdialog. Demikian seterusnya.
6. Tugas guru memonitor dengan berjalan ditengah siswa dengan teknik observasi terfokus.

0 komentar:

Poskan Komentar