PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Contoh RPP Berkarakter SD

Pada intinya RPP Berkarakter lebih menekankan pada suatu proses dalam pembelajaran yaitu Landasan eksplorasi,Elaborasi,konfirmasi.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis eksplorasi :
(1) Melibatkan peserta didik mencari informasi (topic tertentu),
(2) Menggunakan beragam pendekatan ,media dan sumber belajar,(
3) Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis Elaborasi : (1) Membiasakan peserta didik untuk membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tertentu,(3) Memfasilitasi peserta didik untuk memunculkan gagasan baru melalui pemberian tugas, (4) Memberi kesemptan siswa untuk berpikir,menganalisa,menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.,(5) kooperatif,(6) berkompetisi secara sehat, (7) Membuat laporan.
Ciri-ciri pembelajaran berbasis konfirmasi : (1) Guru memberi umpan balik positip terhadap hasi belajar anak didik,(2) Guru memberi konfirmasi hasil eksplorasi peserta didik, (3) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksi pengalamn belajarnya. berikut contoh RPP Berkarakter Kelas 5 SD : kali ini saya hanya akan menampilkan kegiatan pembelajaran saja, untuk yang lain tidak jauh berbeda dengan RPP biasa.

E.Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.Pendahuluan
Untuk memotivasi siswa, guru menggambar atau menunjukkan bangun ruang kubus dan bertanya jawab bagaimana bentuk kubus.
b.Kegiatan inti
1. Eksplorasi
-Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tugas.
-Tiap kelompok melaporkan tugas yang telah dilaksanakan.
-Guru menyajikan materi tentang cara menentukan volume kubus.
2. Elaborasi
-Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing – masing kelompok melaksanakan tugas.
-Guru menyediakan kotak yang berbentuk kubus dan balok.
-Tiap kelompok mengambil kotak – kotak kecil untuk disusun menjadi sebuah kubus ataupun balok.
-Tiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain.
3. Konfirmasi
-Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
-Menanyakan pada siswa hal – hal yang telah dipahami atau yang belum dipahami oleh anak.
-Memberikan tugas / PR kepada siswa.
-Memberi bimbingan pada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran indikator atau KKM yang ditetapkan.
c.Penutup
-Penilaian
-Refleksi
Pertemuan Kedua
a.Pendahuluan
-Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu yaitu tentukan volumenya rusuk sebuah kubus 12 satuan.
-Guru membahas yang berhubungan dengan materi.
b.Kegiatan inti
1. Eksplorasi
-Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan tugas.
-Masing – masing kelompok melaporkan hasil tugasnya.
-Guru menyajikan materi pelajaran.
2. Elaborasi
-Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
-Guru menyediakan kertas untuk menggambar bangun balok.
-Tiap kelompok mengerjakan tugas sesuai dengan ukuran masing – masing.
-Masing – masing kelompok membacakan hasil kerja kelompok untuk dikumpulkan.
3. Konfirmasi
-Guru memberi penghargaan pada kelompok terbaik dengan ucapan selamat.
-Menanyakan pada siswa yang dipahami maupun yang belum dipahami.
-Memberikan tugas / PR.
-Memberikan bimbingan khusus pada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator atau KKM yang ditetapkan.
c.Penutup
-Penilaian
-Refleksi

0 komentar:

Posting Komentar