PENGUNJUNG YANG BAIK SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR

Permainan tebakan Bahasa Inggris

Guessing Game’ atau permainan tebakan adalah salah satu teknik yang sering saya lakukan karena teknik tersebut dapat membuat siswa aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Tujuan permainan tebakan disini adalah untuk membangun kosa kata siswa dan juga dapat membuat siswa berani berkomunikasi. Dalam kegiatan ini akan tampak aktivitas komunikasi lisan siswa.
Teknik ini sudah pernah saya praktekkan pada siswa SMP Negeri 2 Wlingi dalam membelajarkan teks deskriptif dengan menggunakan tema ‘profession’.
Pertama, siswa diajak untuk tanya jawab dengan guru tentang profesi orang tua mereka
Contoh:
Guru : I am a teacher.
What is your father?
Siswa : He is a farmer..

Kemudian guru menunjukkan gambar berbagai profesi, siswa menyebutkan nama profesi dan dilanjutkan dengan menyebutkan kosakata yang ada hubungannya dengan profesi. Dengan dibimbing oleh guru, siswa menyebutkan ciri-ciri profesi. Misalnya, teacher: brings book and chalk, teaches student dsb. Dari ciri-ciri tersebut dibuatlah contoh deskripsi tentang suatu profesi, dan siswa menebak nama profesi yang dideskripsikan. Berikutnya siswa membuat teks deskriptif tentang profesi berdasarkan contoh tadi dan siswa lain menebaknya. Setiap tebakan diikuti tanya jawab tentang alasan yang mendasari tebakan tersebut. Para siswa tenyata menyenangi kegiatan ini karena dapat berkomunikasi dengan yang lain. Ketika bel berbunyi tanda usai pelajaran, mereka masih asyik bertanya jawab.
Di akhir pelajaran mereka dapat mendiskusikan profesi orang tua masing-masing yang diberikan sebagai pekerjaan rumah. Pada dasarnya, pemakaian guessing game ini bisa diterapkan untuk tema lain, misalnya family life, animals, plants, dan sebagainya

5 komentar:

P4nger4n Mud4 mengatakan...

Sep kang bisa di uji coba kang
http://new-global.blogspot.com/

DikUcil mengatakan...

blogwalking.. nice post

Anonim mengatakan...

boleh nih patut dicoba

Nafi' mengatakan...

oke tak coba...

Anonim mengatakan...

Ok, Thanks I shall try,,,

Posting Komentar